Raih Semua Dengan Teori dan Praktik

Operator adalah dasar dari setiap bahasa pemrograman. Dengan demikian fungsi bahasa pemrograman C / C ++ tidak lengkap tanpa menggunakan operator. Kita dapat mendefinisikan operator sebagai simbol yang membantu kita untuk melakukan perhitungan matematis dan logis spesifik pada operan. Dengan kata lain kita dapat mengatakan bahwa operator mengoperasikan operan. Misalnya, perhatikan pernyataan di bawah ini:

c = a + b;

Disini, ‘+’ adalah operator yang dikenal sebagai operator tambahan dan ‘a’ dan ‘b’ adalah operan. Operator tambahan memberitahu compiler untuk menambahkan kedua operan ‘a’ dan ‘b’. C / C ++ memiliki banyak tipe operator built-in dan dapat diklasifikasikan sebagai: Aritmatika Operator: Ini adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika / matematis pada operan. Contoh: (+, -, *, /,%, ++, -). Operator aritmatika terdiri dari dua jenis:

Operator Unary: Operator yang beroperasi atau bekerja dengan operan tunggal adalah operator yang tidak biasa. Sebagai contoh: (++, -)

Operator Biner: Operator yang beroperasi atau bekerja dengan dua operan adalah operator biner. Misalnya: (+, -, *, /) Untuk mempelajari Aritmatika Operator secara rinci, kunjungi link ini.

Operator Relasional: Operator relasional digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operan. Sebagai contoh: memeriksa apakah satu operan sama dengan operan lainnya atau tidak, operan lebih besar daripada operan lain atau tidak dll. Beberapa operator relasional adalah (==,>, =, <=). Untuk mempelajari tentang masing-masing operator ini secara rinci, masuklah ke tautan ini.

Operator Logis: Operator Logis digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih kondisi / kendala atau untuk melengkapi evaluasi kondisi semula dengan pertimbangan. Hasil operasi operator logika adalah nilai boolean yang benar atau salah. Untuk mempelajari tentang berbagai operator logis secara rinci, silakan kunjungi link ini.

Operator Bitwise: Operator Bitwise digunakan untuk melakukan operasi bit-level pada operan. Operator pertama kali dikonversi menjadi bit-level dan kemudian perhitungan dilakukan pada operan. Operasi matematis seperti penambahan, pengurangan, perkalian dll dapat dilakukan pada tingkat bit untuk pemrosesan lebih cepat. Untuk mempelajari detail bitwise operator, kunjungi link ini.

Assignment Operators:: Operator penugasan digunakan untuk menetapkan nilai pada variabel. Operan sisi kiri dari operator penugasan adalah variabel dan operan sisi kanan operator penugasan adalah sebuah nilai. Nilai di sisi kanan harus dari tipe data variabel yang sama di sisi kiri jika kompiler tidak akan menimbulkan kesalahan. Berbagai jenis operator penugasan ditunjukkan di bawah ini:

  • “=”: Ini adalah operator tugas yang paling sederhana. Operator ini digunakan untuk menetapkan nilai pada hak atas variabel di sebelah kiri. Sebagai contoh:
    a = 10;
    b = 20;
    ch = 'y';
    
  • “+=”:Operator ini adalah kombinasi dari operator ‘+’ dan ‘=’. Operator ini pertama kali menambahkan nilai variabel saat ini ke kiri ke nilai di kanan dan kemudian memberikan hasilnya ke variabel di sebelah kiri. Contoh:
    (a += b) can be written as (a = a + b)
    
    Jika nilai awalnya disimpan dalam 5. Maka (a + = 6) = 11.
  • “-=”:Operator ini adalah kombinasi antara operator ‘-‘ dan ‘=’. Operator ini pertama-tama mengurangi nilai variabel saat ini di sebelah kiri dari nilai di kanan dan kemudian memberikan hasilnya ke variabel di sebelah kiri. Contoh:
    (a -= b) can be written as (a = a - b)
    

    Jika nilai awalnya disimpan dalam angka 8. Kemudian (a – = 6) = 2.

  • “*=”:Operator ini adalah kombinasi dari operator ‘*’ dan ‘=’. Operator ini pertama kali mengalikan nilai variabel saat ini di kiri ke nilai di kanan dan kemudian memberikan hasilnya ke variabel di sebelah kiri. Contoh
  • (a *= b) can be written as (a = a * b)
    
    Jika nilai awalnya disimpan dalam angka 5. Kemudian (a * = 6) = 30.
  • “/=”:Operator ini adalah kombinasi antara operator ‘/’ dan ‘=’. Operator ini pertama kali membagi nilai variabel saat ini di sebelah kiri dengan nilai di kanan dan kemudian memberikan hasilnya ke variabel di sebelah kiri. Contoh:
    (a /= b) can be written as (a = a / b)
    

    Jika nilai awalnya tersimpan dalam adalah 6. Kemudian (a / = 2) = 3.

 

 

Bagan pendahuluan operator

 

Tabel di bawah menggambarkan urutan terdahulu dan asosiasiativitas operator di C / C ++. Diutamakan operator menurun dari atas ke bawah.

OPERATOR DESCRIPTION ASSOCIATIVITY
() Parentheses (function call) left-to-right
[] Brackets (array subscript)
. Member selection via object name
-> Member selection via pointer
++/– Postfix increment/decrement
++/– Prefix increment/decrement right-to-left
+/- Unary plus/minus
!~ Logical negation/bitwise complement
(type) Cast (convert value to temporary value of type)
* Dereference
& Address (of operand)
sizeof Determine size in bytes on this implementation
*,/,% Multiplication/division/modulus left-to-right
+/- Addition/subtraction left-to-right
<> Bitwise shift left, Bitwise shift right left-to-right
< , <= Relational less than/less than or equal to left-to-right
> , >= Relational greater than/greater than or equal to left-to-right
== , != Relational is equal to/is not equal to left-to-right
& Bitwise AND left-to-right
^ Bitwise exclusive OR left-to-right
| Bitwise inclusive OR left-to-right
&& Logical AND left-to-right
|| Logical OR left-to-right
?: Ternary conditional right-to-left
= Assignment right-to-left
+= , -= Addition/subtraction assignment
*= , /= Multiplication/division assignment
%= , &= Modulus/bitwise AND assignment
^= , |= Bitwise exclusive/inclusive OR assignment
<>= Bitwise shift left/right assignment
, expression separator left-to-right

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: