Raih Semua Dengan Teori dan Praktik

Type Data Bahasa C++[3]

Semua variabel menggunakan tipe data selama deklarasi untuk membatasi jenis data yang akan disimpan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tipe data digunakan untuk memberi tahu variabel jenis data yang dapat disimpannya.
Setiap kali sebuah variabel didefinisikan dalam C ++, compiler mengalokasikan beberapa memori untuk variabel tersebut berdasarkan tipe data yang dideklarasikannya. Setiap tipe data membutuhkan jumlah memori yang berbeda.

Tipe data di C ++ terbagi menjadi dua jenis:

  Jenis Data Primitif: Tipe data ini adalah tipe data bawaan atau standar dan dapat digunakan secara langsung oleh pengguna untuk mendeklarasikan variabel. contoh: int, char, float, bool dll. Tipe data primitif yang ada di C ++ adalah:

1.Bilangan bulat
2.
Karakter
3.
Boolean
4.
Floating Point
5.
Double Floating Point
6.
Berharga atau Void
7.
Karakter yang Luas.

 


Abstrak atau tipe data yang ditetapkan pengguna: Jenis data ini ditentukan oleh pengguna itu sendiri. Seperti, mendefinisikan kelas di C ++ atau struktur.

Artikel ini membahas tipe data primitif yang tersedia di C ++.

 Integer: Kata kunci yang digunakan untuk tipe data integer adalah int. Integer biasanya membutuhkan 4 byte ruang memori dan berkisar antara -2147483648 sampai 2147483647.
char
: Karakter tipe data digunakan untuk menyimpan karakter. Kata kunci yang digunakan untuk tipe data karakter adalah char. Karakter biasanya membutuhkan 1 byte ruang memori dan berkisar antara -128 sampai 127 atau 0 sampai 255.
   
Boolean: Tipe data boolean digunakan untuk menyimpan nilai boolean atau logika. Variabel boolean bisa menyimpan true atau false. Kata kunci yang digunakan untuk tipe data boolean adalah bool.
   
Floating Point: Floating Point tipe data digunakan untuk menyimpan nilai floating point presisi tunggal atau nilai desimal. Kata kunci yang digunakan untuk tipe data floating point adalah float. Variabel mengambang biasanya membutuhkan 4 byte ruang memori.
 
Double Floating Point: Double Floating Point tipe data digunakan untuk menyimpan nilai floating point presisi ganda atau nilai desimal. Kata kunci yang digunakan untuk tipe data floating point ganda adalah dua kali lipat. Variabel ganda biasanya membutuhkan 8 byte ruang memori.
void: Void berarti tanpa nilai apapun. void datatype mewakili entitas yang tidak bernilai. Tipe data void digunakan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai.
 
Wide Character: Wide character data type juga tipe data karakter namun tipe data ini memiliki ukuran lebih besar dari tipe data 8-bit biasa. Diwakili oleh wchar_t. Panjangnya umumnya 2 atau 4 byte.

Datatype Modifiers: Sesuai namanya, datatype modifiers digunakan dengan tipe data built-in untuk memodifikasi panjang data yang dapat disimpan oleh tipe data tertentu. Pengubah jenis data yang tersedia di C ++ adalah:

  • Signed
  • Unsigned
  • Short
  • Long


Tabel di bawah ini merangkum ukuran dan rentang tipe data built-in yang dimodifikasi bila digabungkan dengan jenis pengubah
:

data-type

Kita dapat menampilkan ukuran semua tipe data dengan menggunakan fungsi sizeof () dan melewatkan kata kunci tipe data sebagai argumen pada fungsi ini seperti gambar di bawah ini:

Screenshot from 2017-12-15 04-45-04

Output:

Size of char : 1 byte
Size of int : 4 bytes
Size of short int : 2 bytes
Size of long int : 8 bytes
Size of signed long int : 8 bytes
Size of unsigned long int : 4 bytes
Size of float : 4 bytes
Size of double : 8 bytes
Size of wchar_t : 4 bytes

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: