Raih Semua Dengan Teori dan Praktik

C ++ hadir dengan perpustakaan yang memberi kita banyak cara untuk melakukan input dan output. Pada input dan output C ++ dilakukan dalam bentuk urutan byte atau yang lebih umum dikenal sebagai stream.

Input Stream: Jika arah aliran byte berasal dari perangkat (misalnya: Keyboard) ke memori utama maka proses ini disebut input.

Output Stream: Jika arah aliran byte berlawanan, yaitu dari memori utama ke perangkat (display screen) maka proses ini disebut output.

Header files available in C++ for Input – Output operation are:

  • iostream: iostream adalah singkatan dari input output stream standar. File header ini berisi definisi untuk objek seperti cin, cout, cerr dll.
  • iomanip: iomanip singkatan dari input output manipulators. Metode yang dideklarasikan dalam file ini digunakan untuk memanipulasi aliran. File ini berisi definisi dari setw,setprecision etc.
  • fstream: File header ini terutama menggambarkan aliran file. File header ini digunakan untuk menangani data yang dibaca dari sebuah file sebagai input atau data yang ditulis ke dalam file sebagai output.

Dalam artikel C ++, kedua kata kunci ini cout dan cin sangat sering digunakan untuk mengambil input dan mencetak output. Kedua metode ini adalah metode yang paling dasar untuk mengambil input dan output di C ++. Untuk menggunakan cin dan cout kita harus menyertakan file header iostream dalam program kita.

Aliran output standar (cout): Biasanya perangkat output standar adalah layar tampilan. cout adalah instance dari kelas ostream. cout digunakan untuk menghasilkan output pada perangkat output standar yang biasanya tampilan layar. Data yang perlu ditampilkan pada layar dimasukkan ke dalam standard output stream (cout) dengan menggunakan operator penyisipan (<<).

vv

Output:

BERUBAH – A computer science portal for BERUBAH

Seperti yang dapat Anda lihat pada program di atas, operator penyisipan (<<) memasukkan nilai dari sampel variabel string yang diikuti oleh string “Portal ilmu komputer untuk BERUBAH” pada stream output standar yang kemudian ditampilkan di layar.

standard input stream (cin): Biasanya perangkat input adalah keyboard. cin adalah contoh istream kelas dan digunakan untuk membaca masukan dari perangkat input standar yang biasanya keyboard.
Operator ekstraksi (>>) digunakan bersamaan dengan objek cin untuk input membaca. Operator ekstraksi mengekstrak data dari objek cin yang dimasukkan menggunakan keboard.

uu

Input : 18
Output:

Enter your age:
Your age is: 18

 

Program di atas meminta pengguna untuk memasukkan umur. Objek cin terhubung ke perangkat input. Usia yang dimasukkan oleh pengguna diekstraksi dari cin dengan menggunakan operator ekstraksi (>>) dan data yang diekstraksi kemudian disimpan dalam variabel usia yang ada di sisi kanan operator ekstraksi.

Un-buffered standard error stream (cerr): Cerr adalah aliran kesalahan standar yang digunakan untuk menghasilkan kesalahan. Ini juga merupakan instance dari kelas ostream. Sebagai cerr adalah un-buffer sehingga digunakan saat kita perlu segera menampilkan pesan kesalahan. Tidak ada penyangga untuk menyimpan pesan kesalahan dan menampilkannya nanti.

hh

Output:

An error occured

buffered standard error stream (clog): Ini juga merupakan instance dari kelas ostream dan digunakan untuk menampilkan error tapi tidak seperti cerr error yang pertama dimasukkan ke dalam buffer dan disimpan dalam buffer sampai tidak terisi penuh. Pesan kesalahan akan ditampilkan di layar juga.

ccc

Output:

An error occured

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: